CARI WARALABA DAN BISNIS DI GOOGLE MASUKAN KATA KUNCI

Monday 3 December 2012

2013, Pusat Bangun 15 PLUT

Senin, 3 Desember 2012 

Kalbar Siap Lahan

Pontianak – Kementerian Koperasi dan UKM akan membangun 15 Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM pada tahun 2013 di tingkat provinsi, kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Lembaga Pengembangan Bisnis Kementerian Koperasi dan UMKM Ahmad Zabadi di Ruang Rapat Wakil Gubernur Kalbar, Jumat (30/11) lalu.
Dia menjelaskan, setiap daerah yang tertarik harus mengusulkan berdasarkan pengajuan pimpinan daerah. Setiap gedung akan mendapat alokasi dana sebesar Rp 5 miliar. Sedangkan pemerintah daerah menyiapkan lahan yang sudah bebas dari masalah hukum.
“Ada tujuh jenis layanan yang akan disediakan di PLUT KUKM tersebut. Di antaranya menyiapkan konsultan bisnis koperasi untuk memberi jasa konsultasi sebagai pendampingan ke koperasi dan UMKM,” kata Ahmad.
Menurutnya, hal itu agar koperasi-koperasi yang tidak sehat memiliki masalah mendapat pendampingan. Mereka dapat menyusun manajemen keuangan, kemasan yang lebih baik. Selain itu, PLUT KUKM akan menjadi pendamping pula bagi KUKM yang statusnya ingin naik kelas. PLUT juga sebagai pusat pengembangan jejaring bisnis serta pusat pelatihan, sekaligus menjadi pusat literatur bagi wirausaha. Kementerian Koperasi dan UKM akan menyeleksi daerah yang dianggap paling tepat dan layak. “Sekarang tahapannya beauty contest,” tambah Ahmad.

Sementara itu, Sekda Kalbar M Zeet Assovie berkeyakinan KUKM di Kalbar juga bisa berkompetitif, bahkan bisa berkembang lebih maju. ”Kalbar masih perlu dokter-dokter atau pihak yang menangani UMKM. UMKM ini mesti diasuh sampai bisa sukses. Dokter pengasuh diperlukan untuk mendampingi UMKM kita,” katanya.

Kalbar dalam hal ini sudah menyatakan siap untuk menyediakan lahan PLUT. Meskipun pemerintah daerah harus memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan. “Kalbar siap untuk menyediakan lahan PLUT. Kemungkinan lahannya dekat Museum Kalbar,” kata Ignatius IK, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar. (kie)

 

No comments:

Post a Comment

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.